Gugus depan disingkat Gudep adalah kesatuan organik terdepan dalam Gerakan Pramuka
yang merupakan wadah untuk menghimpun anggota Gerakan Pramuka dalam
menyelenggarakan kepramukaan, serta sebagai wadah pembinaan bagi anggota
muda.
Gugus
depan merupakan ujung tombak pendidikan kepramukaan harus mampu
mengatur diri sendiri dalam upaya meningkatkan dan menjamin mutu secara
terus-menerus, baik masukan, proses pendidikan kepramukaan maupun
keluaran berbagai program dan layanan yang diberikan kepada anggotanya.
Dalam
rangka mewujudkan akuntabilitas publik, gugus depan harus secara aktif
membangun sistem penjaminan mutu intemal. Untuk membuktikan bahwa sistem
penjaminan mutu internal telah dilaksanakan dengan baik dan benar,
gugus depan harus diakreditasi oleh kwartir Gerakan Pramuka.
Dengan
sistem penjaminan mutu yang baik dan benar, gugus depan akan mampu
meningkatkan mutu, menegakkan otonomi, dan mengembangkan diri sebagai
ujung tombak pendidikan kepramukaan dan kekuatan moral masyarakat secara
berkelanjutan.
Akreditasi Gugusdepan mempunyai tujuan adalah sebagai berikut :
a. Menjamin
gugus depan yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang
ditetapkan oleh Kwartir Nasional, sehingga mampu memberikan perlindungan
bagi masyarakat dari penyelenggaraan pendidikan kepramukaan yang tidak
memenuhi standar.
b. Memotivasi gugus depan untuk terus-menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi.
Selanjutnya
akreditasi gugus depan adalah seluruh proses kegiatan evaluasi dan
penilaian secara komprehensif atas komitmen gugus depan terhadap mutu
dan kapasitas penyelenggaraan program pendidikan kepramukaan yang akan
dilakukan oleh Tim Asesor yang ditugaskan oleh kwartir. Untuk menentukan
kelayakan gugus depan hatus menunjukkan bukti-bukti yang dipersyaratkan
dalam akreditasi tersebut
Komponen Penilaian Pertama
Standard Administrasi Gudep
- Papan Nama Gugusdepan
- Papan Struktur Organisasi Gudep
- Buku Registrasi Peserta Didik
- Buku catatan pribadi peserta didik
- Buku presensi
- Buku daftar anggota
- Log book
- Buku inventaris satuan
- Buku iuran
- Buku administrasi dana dan keuangan satuan
- Buku registrasi pembina dan anggota Mabi
- Catatan notulen rapat / risalah rapat
- Formulir pelaksanaan kegiatan
- Buku agenda, verbal dan expedisi surat menyurat
- Buku acara kegiatan
- Program kegiatan
- Buku laporan keuangan bulanan
- Buku inventaris gugus depan
- Catatan tentang pelaksanaan pelatihan (Program Kegiatan)
- Buku catatan pribadi setiap pembina
- Mengirimkan laporan Gudep ke Kwaran dan Kwarcab
- Buletin Gudep
0 comments:
Post a Comment